Oleh: Fadhl Ihsan | Desember 2, 2009

Mengapa Anak-anak Suka Menangis? Dan Hikmah yang Tersembunyi Di Balik Itu

Sekarang coba lihat hikmah mengapa anak-anak suka menangis, manfaat apa yang tersembunyi di balik itu! Para ahli medis dan ahli anatomi tubuh telah mengungkap kegunaan dan hikmah mengapa anak-anak suka menangis? Mereka berkata: Pada otak anak kecil terdapat cairan yang apabila terus mendekam dalam otak mereka akan menyebabkan kerusakan dan akibat yang buruk. Menangis dapat menyedot cairan dari otak mereka. Dengan begitu otak mereka akan kuat dan sehat.

Demikian pula menangis dan merengek dapat melegakan saluran pernafasannya dan membuka serta melancarkan saluran keringatnya. Dengan begitu urat syarafnya menjadi kuat. Sering kali kita lihat manfaat dan maslahat menangis dan menjerit bagi anak kecil. Bila demikianlah agungnya hikmah menangis bagi anak kecil, biasanya menangis itu penyebabnya adalah rasa sakit yang mengganggu, itu saja engkau tidak tahu hikmahnya dan barangkali tidak pernah terlintas dalam benakmu. Begitulah, rasa sakit yang diderita anak kecil, tangisannya, sebab-sebabnya dan hikmah kegunaannya ternyata masih samar atas kebanyakan manusia. Mereka belum dapat memastikan apa hikmah di balik itu, tiap-tiap orang mengemukakan pendapatnya masing-masing.

Sumber: Keajaiban-keajaiban Makhluk dalam Pandangan Al-Imam Ibnul Qayyim, oleh Abul Mundzir Khalil bin Ibrahim Amin, penerbit: Darul Haq cet. 1, hal. 19-20.


Responses

  1. Alhamdulillah, tulisannya bermanfaat.
    Saya juga punya anak kecil sekarang umurnya 5 thn. begitulah kebiasaannya suka menangis, manja merengek. kadang menjengkelkan juga. tetapi sebisa mungkin saya selalu menjaga perasaannya. mungkin inilah keajaiban Yang Maha Kuasa.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: