Oleh: Fadhl Ihsan | Desember 9, 2009

Hikmah Penciptaan Tulang, Persendian dan Otot

Kemudian coba perhatikan bagaimana Allah membungkus tulang belulang yang panjang dan lebar itu, misalnya tulang punggung dan tulang kepala, dengan daging yang sesuai menurut bentuknya. Tulang-tulang yang kecil dibungkus dengan daging yang sesuai menurut bentuknya, misalnya tulang jari.

Demikian pula halnya dengan tulang lengan atas dan lengan bawah, yang terkomposisi dari 360 tulang dan 248 persendian dan tulang kecil lainnya yang terletak di antara persendian. Sekiranya bertambah satu tulang saja pasti akan membawa mudharat atas manusia dan butuh dihilangkan atau dikeluarkan. Sekiranya kurang satu tulang saja niscaya akan menyebabkan cacat dan perlu digips.

Para dokter meneliti tulang belulang tersebut dan kaifiyat penyambungannya untuk dapat mengetahui cara pengobatannya. Sementara seorang arif memperhatikan tulang belulang tersebut untuk menjadikannya sebagai bukti keagungan Allah Subhanahu wa Ta’ala, yang telah membuat dan menciptakannya dengan hikmah, ilmu dan kemahalembutan-Nya. Sungguh sangat berbeda cara pandang seorang dokter dengan seorang arif.

Kemudian Allah merangkai anggota-anggota tubuh tersebut dengan urat-urat yang memadukan seluruhnya bagaikan tali-tali yang saling mengikat dan menjaganya, jumlahnya mencapai 529 urat. Tiap-tiap urat berbeda tebal dan tipisnya, panjang dan pendeknya, lurus dan bengkoknya, sesuai dengan tempat dan letaknya. Allah menciptakan 29 pengikat untuk menggerakkan mata, untuk membuka, menutup dan menggunakannya untuk melihat. Sekiranya berkurang satu urat saja niscaya akan lumpuh fungsi mata.

Demikian pula dengan anggota-anggota tubuh yang lain, tiap-tiap anggota tubuh itu dilengkapi dengan ikatan-ikatan pengikat sebagai alat untuk bergerak dan beraktifitas. Semua itu merupakan ciptaan Allah Yang Maha Bijaksana, Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. Dia menciptakannya dari setetes air mani yang hina. Sungguh sangat celaka orang-orang yang mendustakan dan menentangnya.

Di antara keajaiban makhluk ciptaan Allah adalah tiga rongga yang saling topang menopang. Satu rongga berada di bagian depan kepala, satu rongga lagi berada di bagian tengah dan satu rongga lagi berada di bagian belakang kepala. Lalu Allah menciptakan kemampuan yang menakjubkan bagi rongga ini, yaitu sebagai alat mengingat, alat berpikir dan alat memahami.

Salah satu keajaiban makhluk ciptaan ilahi adalah alat-alat batin yang terlindungi dari pandangan mata, seperti hati, jantung, ginjal, paru-paru, usus, kandung kencing dan seluruh alat-alat tubuh yang berada di dalam perut yang sangat menakjubkan dan memiliki kekuatan serta fungsi yang berbeda-beda.

Sumber: Keajaiban-keajaiban Makhluk dalam Pandangan Al-Imam Ibnul Qayyim, oleh Abul Mundzir Khalil bin Ibrahim Amin, penerbit: Darul Haq cet. 1, hal. 37-38.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: