Oleh: Fadhl Ihsan | Desember 14, 2009

Keajaiban dan Keagungan Pemuliaan Manusia Dari Seluruh Makhluk-makhluk Lainnya Serta Penciptaan Segala Sesuatu Untuk Manusia

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
“Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rizki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.” (Al Isra’: 70)

Maha suci Allah yang telah menganugerahi manusia seluruh kemuliaan, berupa akal, ilmu, kemampuan menjelaskan, kemampuan berbicara, bentuk dan postur yang elok dan indah, keadaan yang terhormat, tubuh yang seimbang, kemampuan menggali ilmu dengan argumentasi dan pemikiran, memiliki akhlak yang mulia dan utama, seperti kebajikan, ketaatan dan ketundukan. Sungguh jauh berbeda dengan kondisinya ketika ia masih berupa setetes air mani dalam rahim ibunya, disimpan di sana, dengan keadaannya sekarang ini, yang mana para malaikat datang menghampirinya dalam Surga. Sungguh Maha benar Allah dengan firman-Nya: “Maka Maha Sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.” (Al Mu’minun: 14)

Dunia laksana kampung dan orang yang beriman adalah kepala kampungnya. Semua yang ada sibuk melayaninya dan berusaha untuk berkhidmat untuknya dan sebagai fasilitas hidupnya. Para malaikat yang memikul Arsy Ar-Rahman dan yang disekelilingnya memohon ampunan baginya. Para malaikat yang ditugaskan menyertainya selalu menjaganya. Para malaikat yang ditugaskan menurunkan hujan dan menumbuhkan tanaman berusaha mendatangkan rizki baginya. Alam jagad raya senantiasa beredar untuk kemaslahatan dirinya. Matahari, bulan dan bintang-bintang beredar menurut hitungan waktu yang sesuai dengan pertumbuhan tanaman yang menjadi kebutuhan makanan pokoknya. Langit nan biru disediakan disediakan lengkap dengan angin, udara, awan dan burung-burung. Dan seluruh fasilitas yang ada di muka bumi disediakan untuknya. Diciptakan khusus untuk maslahat dirinya. Bumi, gunung, lautan, sungai, pepohonan, tetumbuhan dan segala macam hewan serta segala sesuatu yang ada dipermukaan bumi adalah untuknya. Sebagaimana firman Allah:
“Allah-lah yang menundukkan lautan untukmu supaya kapal-kapal berlayar padanya dengan seizin-Nya, dan supaya kamu dapat mencari sebagian karunia-Nya dan mudah-mudahan kamu bersyukur. Dan Dia menundukkan apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir.” (Al Jatsiyah: 12-13)

Dan dalam ayat lain Allah berfirman:
“Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air hujan dari langit, kemudian Dia mengeluarkan dengan air hujan itu berbagai buah-buahan menjadi rizki untukmu; dan dia telah menundukkan bahtera bagimu supaya bahtera itu berlayar di lautan dengan kehendak-Nya, dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu sungai-sungai, dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu matahari dan bulan yang terus menerus beredar (dalam orbitnya); dan telah menundukkan bagimu malam dan siang.” Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dari segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah kamu dapat menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu sangat zhalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).” (Ibrahim: 32-34)

Orang yang berjalan guna mengenal tanda-tanda kekuasaan Allah, memperhatikan hikmah dan ketinggian sifat-sifat-Nya tentu lebih dalam ma’rifatnya dan lebih luas ilmunya daripada orang yang berdiam diri di tempat, lalu merasa puas dengan adat dan tabiat aslinya.

Sumber: Keajaiban-keajaiban Makhluk dalam Pandangan Al-Imam Ibnul Qayyim, oleh Abul Mundzir Khalil bin Ibrahim Amin, penerbit: Darul Haq cet. 1, hal. 66-69.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: