Oleh: Fadhl Ihsan | Januari 22, 2010

Kehebatan Bulu Burung Hantu

Para insinyur penerbangan melihat burung hantu nocturnal dengan perasaan iri. Mereka berpikir mengapa burung itu bisa terbang tanpa suara? Situs web National Geographic mengatakan, tidak ada burung jenis lain yang terbang sesenyap itu. Apa sebenarnya rahasia di balik itu?

Padahal angin yang menerpa bulu kebanyakan burung menimbulkan turbulensi yang sangat berisik. Tidak demikian halnya dengan burung hantu.

Bulu pada sisi belakang sayapnya memiliki jumbai yang mampu membuyarkan gelombang suara yang timbul sewaktu angin mengalir di atas sayap pada saat ia mengepakkan sayapnya kebawah. Bulu-bulu kapas di bagian lain tubuhnya turut meredam suara yang tersisa.

Para perancang pesawat ingin mempelajari rahasia di balik kesanggupan burung hantu untuk terbang nyaris tanpa suara. Dengan adanya pesawat-pesawat yang lebih senyap, maka bandara-bandara yang memiliki peraturan ambang kebisingan yang ketat bisa mengizinkan penerbangan dan pendaratan pada tengah malam hingga dini hari.

Beberapa upaya perbaikan terhadap sistem kesenyapan pada pesawat terus dilakukan. “Kami baru mulai melakukannya,” kata Geoffrey Lilley, professor emeritus bidang aeronautika di University of Southampton Inggris.

Ia menambahkan, masih dibutuhkan waktu puluhan tahun untuk merancang pesawat sesenyap itu.

Apakah bulu peredam suara pada sisi belakang sayap burung hantu itu terjadi secara kebetulan? Tentu saja tidak. Semuanya sudah dirancang oleh Sang Pencipta.

Sumber: Koran Suara Merdeka edisi: Jum’at, 22 Januari 2010.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: